Skip to main content

Cara Menghitung Pembagian

Cara menghitung pembagian paragapit - Pembagian susun merupakan pelajaran pembagian bilangan yang saya dapat saat masih SD. Kali ini saya akan sharing kepada adik-adik kita yang kini sedang belajar mengenai bagaimana cara membagi bilangan. Mengapa hal ini penting? Karena pembagian merupakan pelajaran matematika dasar yang harus dipelajari dan dikuasai yang akan menentukan masa depan adik-adik kita. Salah satu syarat utama melakukan pembagian adalah adik-adik harus menguasai penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu dan akan lebih baik lagi jika sudah menguasai perkalian bilangan 0, 1, 2 sampai 9.





Saya akan memulai dari hal yang paling sederhana. Hal ini bertujuan agar SEMUA SISWA SD TERMASUK SISWA YANG LAMBAN DAPAT MENGERTI bagaimana cara melakukan pembagian susun atau paragapit(paragapet).

Misalkan kita akan menghitung 78 : 2 = ......

Untuk mudahnya lihat ilustrasi gambar dibawah.

 Gambar: dokumen





Pertama-tama kita buat paragapit seperti yang tampak dibagian kiri. Selanjutnya ingat tentang perkalian 2 mulai dari 0 hingga 9 seperti yang tampak di sebelah kanan. Kita mulai pembagian dari angka yang paling kiri (angka 7). Cari nilai perkalian dua yang terbesar tetapi tidak melebihi angka 7. Ditemukan angka 6, atau 2 x 3 = 6.

Langkah berikutnya adalah letakkan angka 3 pada bagian atas dan angka 6 di bawah angka 7.

 Gambar: dokumen





Kurangi angka 7 dengan angka 6 menjadi 1, lalu turunkan angka 2 , sehingga sisa yang harus dibagi adalah 12. Cari kembali perkalian angka 2 yang paling besar tetapi tidak melebihi 12. Ditemukan angka 12, atau perkalian 2 x 6 = 12.

 Gambar: dokumen






Pindahkan angka 12 hasil perkalian (warna merah) ke bawah angka 12 sisa pengurangan sebelumnya (warna hitam). Angka 6 pengali dipindahkan ke bagian atas.

 Gambar: dokumen





Kurangi angka 12 hasil sisa pengurangan sebelumnya dengan angka 12 hasil perkalian didapat sisa pengurangan adalah nol. Dengan didapatnya angka nol, NILAI TERSEBUT LEBIH KECIL DARI ANGKA 2 (PEMBAGI), proses pembagian selesai. Didapat hasil bagi adalah 36 dengan sisa hasil bagi adalah nol.

Jadi jawaban pertanyaan adalah 72 : 2 = 36 sisa 0.


 Gambar: dokumen







 


Tips Menghitung Pembagian


Untuk dapat mahir menguasai perhitungan pembagian dengan langkah-langkah manual maka adik-adik harus sering-sering berlatih.



Comments

  1. yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy terima kasih ini sgt membantuku ILIKE AND I LIKE SCHOLLL nilaiku selalu seratus dan benar gra gra lihat ini aku jadi pintar cerdas dan rajin ooooooo iya perkenalkan namaku figi saya duduk di kls 6 sdk xaverius katolik THANK YOU kapan kapan aku akan mampir sini lagi untuk melihat cara caranya oyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee.

    ReplyDelete
  2. SAYA LANGSUNG PINTAR SAMPE LULUS JDI KEPALA SEKOLAH😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱😱

    ReplyDelete
  3. Thanks bro saya suka saya sukaπŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang