Skip to main content

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.

 

1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data.


Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan membuang sisa teks (bagian tengah dan akhir) kita bisa menggunakan fungsi LEFT() seperti contoh berikut ini :






Pada contoh tersebut kita menggunakan rumus =LEFT(A2,5). Maksudnya kita mengambil teks yang ada di sel A2 sebanyak 5 karakter dari kiri. Perhatikan untuk nama dea. Lima karakter dari kiri teks A5 tersebut adalah huruf “d”, “e”, “a”, spasi, dan tanda kurung buka “(“.

Lantas bagaimana jika kita ingin hanya nama depan saja (misal dea)? Maka anda perlu mempelajari dan memperhatikan format data milik anda dengan seksama. Pada contoh tersebut setiap nama tengah ditandai dengan kurung buka. Jadi kita bisa menggunakan karakter “(“ tersebut sebagai batas nama depan.





Perhatikan pada gambar diatas, kita menggunakan rumus =TRIM(LEFT(A2,SEARCH("(",A2,1)-1)).
Maksud dari SEARCH("(",A2,1)-1 adalah meminta excel menemukan posisi karakter “(“ yang ada di teks pada sel A2. Selanjutnya posisi tersebut dikurangi dengan 1. Adapun fungsi TRIM() digunakan untuk membuang karakter spasi atau tab yang ada di teks.

2. Hanya mengambil karakter/huruf pada akhir teks


Untuk mengambil karakter dari belakang atau dari kanan teks kita bisa menggunakan fungsi RIGHT(). Fungsi ini kebalikan dari fungsi LEFT().




Pada gambar diatas terlihat kita menggunakan rumus RIGHT(A2,5) untuk mengambil 5 karakter dari belakang / kanan teks. Seperti halnya pada pengambilan karakter dari kiri/depan, fungsi RIGHT() akan mengambil dari kanan. Meskipun demikian, hasil yang diberikan terkadang tidak memberikan hasil yang kita inginkan. Karena untuk bisma, chicha, dan eddy nama belakang yang dihasilkan tidaklah sesuai dengan yang diharapkan. Kita perlu memodifikasi seperti fungsi LEFT() diatas agar semua nama belakang dapat ditampilkan.






Pada gambar diatas kita menggunakan rumus =TRIM(RIGHT(A2,LEN(A2)-SEARCH(")",A2,1))). Fungsi LEN(A2) akan memberikan panjang karakter yang ada di sel A2. Adapun SEARCH(")",A2,1) akan mencari posisi dari karakter kurung tutup “)”. Jadi secara logika, panjang karakter yang diminta adalah mulai dari kanan teks sebanyak panjang teks dikurangi dengan posisi kurung tutup. Selanjutnya fungsi TRIM() akan memastikan spasi dan karakter tab dibuang dari teks yang dihasilkan.

3. Hanya mengambil karakter/huruf ditengah sel teks


Pengambilan karakter atau huruf yang berada ditengah teks sangat penting. Biasanya digunakan untuk mengambil sebagian kode yang memiliki arti tertentu. Misalkan kita memiliki Nomor Induk Mahasiswa 2014360278 dimana 2014 adalah tahun masuk, 36 adalah kode program studi dan 0278 adalah nomor urut. Untuk mengambil kode program studi maka anda perlu bantuan fungsi MID(). Formula yang bisa digunakan adalah =MID(“2014360278”, 5,2) atau jika nilai tersebut terletak pada sel A2 maka rumus excel yang bisa kita pakai adalah =MID( A2, 5,2). Artinya, ambil teks sebanyak dua karakter atau dua huruf dengan posisi dimulai dari karakter yang ke lima. Bila di excel dapat dilihat seperti gambar berikut :





Lantas bagaimana jika ternyata posisi karakter tidak selalu sama? Hal ini sering terjadi di kehidupan nyata. Kadangkala kita menghadapi persoalan bahwa posisi karakter yang kita ambil tidak selalu sama. Untuk mengatasi hal tersebut kita perlu ada tanda karakter atau kejelian khusus pengamatan anda terhadap daftar kode yang ada. Sebagai contoh, misalkan kita ingin mengambil nama tengah yang diapit oleh tanda kurung buka dan kurung tutup seperti yang terdapat pada contoh-contoh sebelumnya. Formula excel yang bisa kita gunakan adalah =MID(A2,SEARCH("(",A2)+1,SEARCH(")",A2)-SEARCH("(",A2)-1).





Perhatikan. Ada dua bagian penting pada rumus diatas: SEARCH("(",A2)+1 dan SEARCH(")",A2)-SEARCH("(",A2)-1.

SEARCH("(",A2) menunjukkan posisi karakter kurung buka, +1 artinya karakter setelahnya.

SEARCH(")",A2)-SEARCH("(",A2)-1 menunjukkan panjang karakter / huruf yang akan diambil. Dimana SEARCH(")",A2) adalah posisi kurung tutup, dikurang SEARCH("(",A2) atau kurung buka, lalu dikurangi lagi dengan satu (karena dimulai setelah kurung buka).

Amati dengan seksama. Posisi kurung buka dan kurung tutup pada daftar nama tersebut berbeda-beda, tetapi nama tengah yang diambil selalu benar.

4. Menghilangkan karakter/huruf ditengah sel teks


Untuk menghilangkan huruf atau karakter ditengah teks kita bisa menggabungkan fungsi LEFT() dan RIGHT(). Lihat bagaimana semua nama tengah yang ada pada daftar nama “dihilangkan” dengan gabungan kedua fungsi tersebut.





Lihat gambar diatas. Rumus yang digunakan adalah =TRIM(LEFT(A2,SEARCH("(",A2,1)-1))&" "&TRIM(RIGHT(A2,LEN(A2)-SEARCH(")",A2,1))). Bila kita memecahnya maka akan ada 3 bagian penting pada rumus tersebut.

TRIM(LEFT(A2,SEARCH("(",A2,1)-1)) adalah mengambil nama depan, seperti yang ada pada bagian pertama tadi (mengambil dari kiri).

TRIM(RIGHT(A2,LEN(A2)-SEARCH(")",A2,1))) adalah mengambil nama belakang, seperti yang ada pada bagian kedua (mengambil teks dari kanan).

&” “& adalah tambahan spasi. Untuk menggabung teks kita perlu menggunakan operator &. Sedangkan untuk teks kita harus mengapitnya dengan menggunakan tanda petik dua. Coba saja anda ubah rumus tersebut menjadi &”---“&, perhatikan apa yang terjadi.


 


Tips Mengambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel



  • Fungsi LEFT(), RIGHT() dan MID() adalah fungsi pengolahan teks yang sering digabung dengan fungsi TRIM() dan operator & maupun fungsi lainnya

  • Perlu kejelian dan aturan yang jelas dan anda pahami dalam mengekstrak data/kode dari teks yang anda miliki. Pengalaman akan semakin mempermudah anda dalam melakukannya

  • Jika anda hanya butuh nilainya saja (value) maka lakukan saja Paste Values dari hasil rumus excel yang anda gunakan.



Comments

  1. saya mau tanya, kalo data saya berupa karakter huruf, simbol dan angka dalam 1 cell. dan saya mau ambil karakter hurufnya saja gimana ya? misal data saya di salah satu cell agung purnomo,5,201,500. nah saya ingin hapus karakater koma dan angka, itu gimana ya? trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai text to coloumn aja mas bro, pilih separated by coma (,) naanti bakal terpisah jd kolom baru

      Delete
  2. Min klo Saya punya data ky gini "we.02155987658" Dan "55791544-w", Cara menghilangkan karakter hurufnya gmn ya?

    ReplyDelete
  3. Sudah saya pakai, edit edit dikit langsung berhasil, makasih banyak mas, sehat selalu :)

    ReplyDelete
  4. 1234567;081157727272;Gagal;;2020-05-31 16:22:50;4
    5777111;082186121212;Sukses-3;2020-05-31 16:42:43;2020-05-31 16:43:13;4

    Kak, kalau mau buang 1 huruf paling belakang gimana ya?

    ReplyDelete
  5. Jika saya ingin menghilangkan 2 digit dibelakang (DR) pada misalnya 2,408,766.05DR , apa yg harus saya lakukan, tq

    ReplyDelete
  6. Saya punya data
    10 Agustus 2000
    1 januari 1978
    2 mei 1999
    Mau ngambil nama bulanya saja gimana rumusnya

    ReplyDelete
  7. hai min, saya mau tanya, dari 1000an column dengan berbagai macam format, saya hanya ingin mengambil kalimat2 tertentu saja, gimana ya..

    contoh

    Purchase order bulan july

    purchase nomer 12345

    purchase order bulan august

    purchase nomer 12346


    saya cuma mau ambil kolom purchase nomer saja, kira2 rumusnya apa ya, terimakasih, semoga berkah

    ReplyDelete
  8. Admin saya mau bertanya, saya punya data dalam excel sekitar 3k, jadi dikolom 1 itu nama, dikolom 2 itu link WA dan nmor WA nya, jadi tugas saya, utk menghapus nmor yg tidak terhubung WA, cara manualnya kan klik satu satu, ada jalan pintas kah untuk ini

    ReplyDelete
  9. Membantu banget 👍 terima kasih

    ReplyDelete
  10. Min saya mo tanya, jika saya punya data angka seperti 213 - 1 - 34261 - 9 saya ingin menghilangkan spasi-spasi ditengah-tengah itu sehingga menjadi 213-34261-9 bagaimana ya rumusnya? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  11. selamat siang
    kalau saya mau menghilangkan karakter Rp di excel saya gimana yah...mohon masukan nya
    contoh Rp 350.350
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai replace saja
      Rp nya diganti dengan tanpa karakter apa-apa

      Delete
    2. Sore mau tanya..kalau mau mengambil semua huruf kecuali huruf pertama...sementara jumlah karakternya berbrda

      Delete

Post a Comment

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang