Skip to main content

Rumus Kecepatan

Cara Menghitung Kecepatan, Jarak dan Waktu Tempuh – Kita sering mendengar istilah KECEPATAN dari sejak kita kecil. Kecepatan memiliki makna yang luas, yang menunjukkan perubahan dari satu saat ke saat yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kecepatan erat kaitannya dengan jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut, seperti jalannya mobil, kereta api, roket, peluru dan lain sebagainya. Maksudnya, jika sebuah mobil memiliki kecepatan 100 km/jam artinya mobil tersebut dapat menempuh jarak 100 kilometer dalam waktu satu jam. Peluru yang ditembak dari sebuah pistol memiliki kecepatan 1500m/detik. Artinya, dengan kecepatan saat peluru ditembakkan maka si peluru hanya membutuhkan waktu 1 detik untuk menempuh jarak 1500 meter.

Lantas, bagaimanakah caranya mendapatkan nilai kecepatan tersebut ? Untuk mendapatkan kecepatan sesuatu anda dapat menggunakan rumus kecepatan berikut :


 Gambar: contoh


Bagaimana menerapkan rumus tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Akan dijelaskan dalam beberapa contoh berikut ini.

 

Contoh menghitung Kecepatan Mobil


Dani mengendarai mobil dari rumah ke kantor yang berjarak 25 kilometer selama 2 jam perjalanan. Berapakah kecepatan rata-rata mobil tersebut ?

 
Jawab.

Diketahui :

Jarak : S = 25 km

Waktu tempuh : t = 2 jam

Kecepatan rata-rata :


 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan



Jadi kecepatan rata-rata mobil adalah 12,5 kilometer per jam.

 

Contoh Menghitung Waktu Tempuh


Sebuah pesawat komersil terbang dengan kecepatan 500 km/jam. Berapakah waktu yang dibutuhkan pesawat tersebut untuk terbang dari Jakarta ke Makassar bila jarak kedua kota tersebut adalah 1400 km.

 
Jawab.

Diketahui :

Jarak : S = 1400 km

Kecepatan: v = 500 km/jam

Waktu Tempuh :


 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan


 

Contoh Menghitung Waktu Tempuh


Sebuah pesawat tempur terbang dengan kecepatan 1600 km/jam. Berapakah waktu yang dibutuhkan pesawat tempur tersebut untuk terbang dari Jakarta ke Makassar bila jarak kedua kota tersebut adalah 1400 km.

 
Jawab.

Diketahui :

Jarak : S = 1400 km

Kecepatan: v = 1600 km/jam

Waktu Tempuh :


 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan


 

Contoh Menghitung Jarak Tempuh


Jaka berjalan kaki dengan kecepatan rata-rata 1,5 meter per detik. Berapakah jarak yang ditempuh oleh Jaka setelah 2 jam berjalan.

 
Jawab.

Diketahui :

Kecepatan: v = 1,5 meter/detik

waktu tempuh : t = 2 jam = 2 x 60 x 60 = 7200 detik.

Jarak Tempuh :


 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan


Contoh Menghitung Waktu dan jarak yangdibutuhkan untuk Menyusul


Lanjutan dari contoh sebelumnya. Satu jam setelah Jaka berjalan, Putri mengejar Jaka menggunakan sepeda dari titik awal keberangkatan yang sama dengan jaka. Jika putri menyusul Jaka dengan kecepatan rata-rata sepeda putri 3,5 meter per detik kapan dan dimanakah mereka bertemu (setelah jarak berapa meter dari titik awal)?

 
Jawab.

Diketahui :

Kecepatan jaka: vjaka = 1,5 meter/detik

Kecepatan Putri : vputri = 3,5 meter/detik

t1jam = 1 jam = 3600 detik.

Jarak yang ditempuh jaka setelah satu jam berjalan :



 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan


Untuk menyusul, maka jarak yang ditempuh Putri harus sama dengan jarak yang ditempuh jaka.

Harus diingat, bahwa jaka telah menempuh jarak 1 jam lebih dulu, jadi jarak yang ditempuh jaka harus ditambahkan dahulu dengan 5400 meter, sehingga persamaan untuk putri menyusul jaka menjadi :

Jarak putri = jarak jaka

Kecepatanputri x waktu = (KecepatanJaka x waktu) + 5400

Kenapa variabel waktu tidak dibedakan? Karena waktu putri dan jaka setelah satu jam adalah sama. Jadi secara matematis dapat ditulis:



 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan


Jadi putri waktu yang dibutuhkan putri untuk menyusul jaka adalah waktu 2700 detik atau 45 menit setelah putri berangkat, atau 1 jam 45 menit setelah Jaka berangkat.

Posisi bertemu (Putri menyusul Jaka) berada pada :

S = Vputri x tputri = 3,5 x 2700 = 9450 meter dari titik awal



 

Contoh Menghitung kecepatan yang dibutuhkan untuk Menyusul


Melanjutkan dari contoh sebelumnya. Jika Ujang yang menggunakan motor berangkat bersamaan dengan putri (1 jam setelah Jaka berangkat) ingin lebih dahulu menyusul Jaka pada jarak 8100 meter dari titik awal, maka berapakah kecepatan rata-rata motor yang dikendarai Ujang ?

Jawab.

Diketahui :

Kecepatan jaka: vjaka = 1,5 meter/detik

Jarak: S=8100 meter

Waktu yang dibutuhkan Jaka untuk mencapai 8100 meter :



 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan


Jika jaka telah berangkat selama 1 jam, berarti waktu yang dimiliki oleh Ujang hanya 0,5 jam = 30 menit = 1800 detik. Maka kecepatan rata-rata motor ujang harus :


 Gambar: contoh penggunaan rumus kecepatan


Dengan demikian kecepatan rata-rata motor ujang harus 4,5 meter per detik agar dapat menyusul Jaka pada jarak 8100 meter dari titik awal keberangkatan.


 


Tips Menghitung dan Menggunakan Rumus Kecepatan


Saat menggunakan rumus kecepatan sangat penting untuk memperhatikan satuan yang digunakan. Tidak jarang satuan yang ada harus disamakan terlebih dahulu baik untuk satuan panjang (seperti meter, kilometer) maupun untuk satuan waktu (seperti detik, jam). Perhatikan satuan kecepatan, bisa saja berupa km/jam, meter/detik, maupun yang lainnya.

Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang