Skip to main content

Cara Merubah Angka Desimal Menjadi Pecahan

Kita biasa menyebut angka desimal adalah angka yang terletak dibelakang koma. Dan untuk signifikansi atau keakuratan kita biasanya menyebut 2 angka dibelakang koma, 3 angka dibelakang koma, dan seterusnya. Angka desimal tersebut secara matematik dapat berupa angka pecahan. Misalnya 0,1 0,5 dapat ditulis 1 /10 ; 0,5 dapat ditulis 1 /2 , dan lain sebagainya. Rumus untuk membuat angka desimal menjadi angka pecahan dapat dilihat sebagai berikut :






 

Angka Pecahan dari Desimal 1 digit


Bilangan 1 angka dibelakang koma adalah 0,1 0,2 0,3... 0,9. Untuk membuat pecahan dari nilai desimal dengan 1 angka di belakang koma adalah dengan mengalikannya dengan 10/10.

 

Contoh 1.

Misalkan kita akan merubah 0,1 menjadi angka pecahan maka kita kalikan 0,1 dengan 10/10 sehingga hasilnya adalah 1/10




 

Contoh 2.

Demikian juga untuk 0,5. Kita kalikan saja dengan 10/10 sehingga 0,5 x 10/10 = 5 / 10. Lalu kita sederhanakan pecahan tersebut dengan mengalikan penyebut dan pembilang dengan 1/5 (atau penyebut dan pembilang dibagi dengan 5) sehingga pecahan yang didapat adalah 1/2.




 

Angka Pecahan dari Desimal 2 digit


Angka-angha desimal dua digit adalah agka-angka seperti 0,12, 0,25, 0,69, 0,78, dan lain sebagainya. Untuk desimal dua digit kita harus kalikan dengan 100/100 . Setelah itu angka pecahan yang didapat kita sederhanakan baik untuk penyebut dan pembilangnya.

 

Contoh 3.

Sebagai contoh kita ingin merubah 2 angka desimal dibelakang koma menjadi bentuk angka pecahan, misalnya 0,12 maka caranya adalah 0,12 x 100/100 = 12/100. Lalu kita dapat sederhanakan menjadi 3/25.




Contoh 4.
Contoh lainnya adalah 0,69. Pecahan yang didapat : 0,69 x 100/100 = 69/100. Angka ini sudah tidak dapat diserhanakan lagi.



Selanjutnya dengan menggunakan cara/prinsip seperti diatas maka untuk mendapatkan angka pecahan dari 3 angka dibelakang desimal berari anda harus mengalikannya dengan 1000/1000, sedangkan untuk empat angka dibelakang desimal dikalikan dengan 10000/10000, dan seterusnya.

 


 

Angka Pecahan dari Desimal yang berulang


Desimal yang berulang maksudnya adalah angka desimal berulang hingga tak hingga dengan pola tertentu, misalkan angka 0,333333333333.... dst, 0,78787878... dst, 0,456456456456456...dst, dan lain sebagainya.

 

Contoh 5.
Bagi sebagian besar orang tentu tahu bahwa angka 0,333333... memiliki bentuk pecahan 1/3. Tapi bagaiman cara mendapatkannya? Belum tentu semua orang bisa menjelaskan. Sebenarnya untuk mendapatkan angka tersebut bisa dilakukan dengan cukup mudah. Misalkan y = 0,33333... maka jika kita kalikan y dengan 10 didapat : 10 y = 3,33333... selanjutnya kita kurangkan 10y dengan y. Hasil yang didapat adalah 9 (10y – y = 9y). Sedangkan dalam bentuk angka maka kita kurangkan 3,33333.. – 0,33333.. = 3. Jadi 9y = 3, atau y = 3/9 = 1/3.




 

Contoh 6.

Contoh selanjutnya, bagaimana kalau angka 0,78787878787... berapa angka pecahannya ? Perhatikan pola bilangan tersebut. Angka tersebut memiliki pola dua digit 78 yang diulang secara terus menerus. Karena dua digit kita perlu mengalikannya dengan 100. Jadi jika w = 0,7878787... maka 100 w = 78,787878... lalu selanjutnya kita kurangkan seperti contoh 4 dan terakhir jika bisa kita sederhanakan seperti yang ada pada contoh 2 dan contoh 3. Dari hasil perhitungan kita akan mendapatkan 78/99 = 26/33




 

Contoh 7.
Bagaimana kalau polanya adalah 3 digit yang berulang seperti 0,456456456..? Berapa angka pecahannya ? Bila 3 digit maka anda nanti perlu mengalikannya dengan 1000. Kalau empat digit berulang berarti dikali dengan 10000, 5 digit berulang berarti dikali dengan 100000 dan seterusnya. Kembali ke pokok masalah. Untuk 0,456456... maka kita akan mendapatkan 456/999 atau sama dengan 152/333




 

Cara Konversi Angka desimal menjadi Angka Pecahan dengan Microsoft Excel


Selain cara-cara diatas, anda dapat juga dapat melakukan konversi bilangan desimal menjadi pecahan dengan menggunakan microsoft Excel. Microsoft Excel memiliki fasilitas format “Fraction” yang dapat anda gunakan untuk itu. Misalkan kita akan merubah angka 0,456456456 seperti yang ada di contoh 7 menjadi angka pecahan di excel maka caranya adalh sebagai berikut :

  1. Ketik 0,456456456 pad sebuah cell, misalkan di B3.

  2. Kemudian pilih drop down pada number format, lalu pilih Fraction.

  3. Anda akan melihat isi sel menjadi 1/2.

  4. Angka ini adalah pembulatan/pendekatan pada angka 1 digit.






Jika anda kurang puas dan ingin mendapatkan tingkat presisi/keakuratan yang lebih baik (tiga digit desimal) maka ikuti langkah berikut :


  1. klik kanan pada sel tersebut kemudian pilih Format Cells





  2. Setelah itu pada dialog Format Cells pada kategori Fraction pilih item Up to three digits. Lalu klik OK.

  3. Kini pecahan akan tampak menjadi lebih akurat dan sama dengan hasil perhitungan manual kita yang ada pada contoh 7, yakni 152/333.







 


Tips Merubah Angka Desimal Menjadi Pecahan


Microsoft Excel otomatis akan melakukan pendekatan/pembulatan bentuk pecahan. Untuk mengetahui lebih jelas pembuatan pecahan dengan microsoft excel lihat cara format angka pecahan dengan microsoft excel.


Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang