Skip to main content

Cara Menghitung Akar Pangkat 3

Bermacam cara mendapatkan akar pangkat tiga - Akar pangkat dua dan akar pangkat 3 paling sering ditemui dalam matematika. Umumnya pangkat dua karena adanya perhitungan luas sedangkan pangkat tiga karena adanya perhitungan dengan unsur volume (ruang). Dengan kemajuan teknologi, kita bisa menghitung akar pangkat tiga dengan cepat menggunakan alat bantu seperti kalkulator ataupun aplikasi seperti Microsoft excel. Pada Microsoft Excel, kita bisa menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan akar pangkat tiga. Untuk lebih jelasnya lihat beberapa contoh berikut :





 

Menggunakan Operator Pangkat ^ (caret)


Misalkan kita memiliki soal seperti pada gambar diatas. Berapakah akar pangkat tiga dari angka 5678 ?
Pada microsoft excel kita bisa mendapatkannya dengan mengetikkan rumus =5678^(1/3). Hasilnya adalah 17,84.




Kenapa menulis pangkatnya 1/3 ? Karena 1/3 maksudnya adalah akar pangkat 3. Bagaimana kalau akar pangkat dua? Berarti menulisnya 1/2 , dan seterusnya.

 

Menggunakan Fungsi POWER()


Berapakah akar pangkat tiga dari angka 5.678 ? Pada microsoft excel kita juga bisa mendapatkannya dengan menggunakan fungsi POWER() yang memiliki kesamaan dengan operator pangkat ^ (caret). Jadi kita mengetikkan rumus excel =POWER(5678, 1/3). Hasilnya juga sama, yakni 17,84.




Pada formula diatas, saya menuliskannya menggunakan titik koma menjadi =POWER(5678; 1/3) karena settingan di komputer saya menggunakan versi Indonesia ;)

 

Mendapatkan Akar Pangkat Tiga Menggunakan tabel


Cara ini paling mudah. Anda tidak perlu menghitung akar pangkat tiga, dan hanya cukup melihat pada tabel pangkat 3. Misalkan kita akan mencari akar pangkat tiga dari bilangan 123. Kita langsung lihat pada tabel akar pangkat 3. Lihat 12 di kolom pertama, lalu cari kolom dengan angka 3 pada baris pertama. Didapat bahwa akar dari 123 adalah 4,9732.




Lantas bagaimana bila angka yang dicari tidak ada pada tabel akar pangkat 3 tersebut?Gunakan saja tabel pangkat 3. Misalkan angka yang akan dicari adalah 5678. Perhatikan tabel pangkat 3. Lihat angka 5678 terletak antara 5.639,7520 hingga 5.735,3390. Artinya, akar pangkat tiga dari 5678 berada antara 17,8 dan 17,9. Karena 5678 lebih dekat ke 5.639,7520 maka kita anggap bahwa akar dari 5678 adalah 17,8.




 

Kalkulator Akar Pangkat 3


Kalkulator sayur tidak bisa untuk mencari akar pangkat tiga dengan cepat. Kalkulator sayur hanya bisa digunakan dengan cara coba-coba (trial and error). Untuk mempercepat hasil perhitungan / percobaan bisa juga digabung dengan tabel Pangkat tiga dan tabel akar pangkat tiga di atas. Untuk kalkulator dengan kemampuan scientific bisa dilakukan dengan cara berikut :

Tombol Akar pangkat tiga

Perhatikan bila kalkulator anda memiliki tombol akar pangkat tiga seperti  Gambar: tombol akar pangkat 3
Bila tersedia maka lakukan langkah berikut :


  1. Tekan tombol 5, 6, 7, 8

  2. Selanjutnya tekan tombol akar pangkat tiga tersebut  Gambar: tombol akar pangkat 3

  3. Hasilnya akan langsung muncul pada layar kalkulator


 

Tombol pangkat x y

Perhatikan bila kalkulator anda memiliki tombol pangkat seperti  Gambar: tombol pangkat
Bila tersedia maka lakukan langkah berikut :


  1. Tekan tombol 5, 6, 7, 8

  2. Selanjutnya tekan tombol pangkat  Gambar: tombol pangkat lalu tekan 0.33333333333333.

  3. Kemudian tekan tombol sama dengan “=

  4. Hasilnya akan langsung muncul pada layar kalkulator



 

Tombol log dan antilog

Cara menggunakan log dan antilog untuk mendapatkan akar pangkat tiga dari 5678:


  1. Tekan tombol 5, 6, 7, 8

  2. Selanjutnya tekan tombol  Gambar: Tombol ln atau  Gambar: tombol log

  3. lalu tekan * (asterik/bintang/kali) lalu tekan 0.33333333333333.

  4. Kemudian tekan tombol sama dengan “=

  5. Terakhir, tekan tombol  Gambar: Tombol Inv lalu tekan kembali tombol  Gambar: Tombol ln atau  Gambar: tombol log (Sesuai dengan yang mana tadi anda tekan pada langkah 2).

  6. Lihat hasilnya pada layar.





 


Tips Menghitung Akar Pangkat 3


Bila nilai yang dicari negatif maka akar pangkat tiga yang didapat adalah negatif.

Comments

  1. Halo salken namaku putri kalau kalian siapa??salken ya^^

    ReplyDelete
  2. Hallo jadi temanku yuk terimakasi kalau yang mau jadi temanku^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang