Skip to main content

Rumus Menghitung Volume Tabung(Silinder)

Cara menghitung isi silinder (tabung) – Prinsip pokok untuk menghitung volume ruang/bangun sederhana adalah luas alas dikali dengan tinggi. Rumus tersebut sangat tepat untuk digunakan pada balok, kubus, dan juga tabung. Tabung memiliki bentuk alas (Bagian bawah) dan tutup (bagian atas) berupa lingkaran seperti yang tampak pada gambar berikut :





Pada artikel terdahulu telah dibahas mengenai cara menghitung luas lingkaran . Jadi untuk mendapatkan volume atau isi tabung pertama-tama kita harus menghitung luas alasnya setelah itu tinggal kita kalikan dengan tinggi tabung tersebut. Jadi, kalau ditulis dalam persamaan matematika rumus volume tabung adalah sebagai berikut :
 


 Rumus Volume Tabung/Silinder


Dimana :


  • d adalah diameter lingkaran,

  • r adalah radius / jari-jari lingkaran,
    nilai r selalu setengah d atau ditulis r = 1/2 d

  • t adalah tinggi tabung



 



 Gambar: Rumus luas lingkaran




Sekedar gambaran, kita review lagi sedikit soal luas lingkaran. Pi (π) adalah konstanta atau nilai tetap yang nilainya sebesar sekitar 3,14159 atau 22/7. Jadi volume silinder akan tergantung pada besar jari-jari atau diameter, dan tinggi tabung. Supaya lebih jelas, kita akan terapkan rumus menghitung silinder pada beberapa contoh soal berikut.


CONTOH SOAL 1:


Sebuah tabung memiliki jari-jari 6 satuan dan tinggi 14 satuan. Berapakah volume tabung tersebut?

Jawab :

r = 6 satuan, t = 14 satuan
 


 Contoh 1 : menghitung volume tabung




CONTOH SOAL 2:


Sebuah gelas keramik memiliki wadah untuk menampung air dengan diameter 8 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume air maksimal yang dapat ditampung pada gelas tersebut?
 

Jawab :

d = 8 cm, t = 10 cm
 


 Contoh 2 : menghitung volume air di dalam gelas




Tau maksudnya nilai tersebut? Jadi kalau ada gelas keramik dengan ukuran diameter untuk isinya adalah 8 centimeter dan tingginya 10 centimeter maka kita bisa mengisinya dengan air sampai dengan sekitar setengah liter. Ingat, 1 liter = 1000 mili liter = 1000 cm3 .

CONTOH SOAL 3:


Sebuah kaleng penakar beras memiliki volume 2 liter. Bila tinggi kaleng adalah 15 cm, berapakah diameter kaleng penakar tersebut ?

Jawab :

Volumekaleng = 2 liter = 2000 cm3 , t = 15 cm
 


 contoh 3: menghitung diameter tabung




Jadi kaleng dengan volume 2 liter dan tinggi 15 cm memiliki panjang diameter 13,03 cm.

CONTOH SOAL 4:


Agus ingin membuat desain botol air minum kemasan 600 ml. Bila standar diameter botol yang digunakan adalah 6 centimeter dan tinggi tutup botol adalah 3 cm, berapakah tinggi botol minimum yang harus di buat Agus?

Jawab :

Volumebotol = 600 ml = 600 cm3 , d= 4 cm


 Contoh 4 : Menghitung tinggi botol



Ingat, tinggi tersebut harus ditambah untuk tutup botol, jadi tinggi minimum botol yang harus didesain Agus adalah 21,22 cm + 3 cm = 24,22 cm.


Menghitung Volume Tabung/Silinder dengan Microsoft Excel


Untuk mempermudah perhitungan kita bisa menggunakan microsoft excel. Untuk nilai Pi kita gunakan fungsi yang tersedia di microsoft excel, yakni PI() yang akan menghasilkan nilai sebesar 3,141592654. Nilai ini lebih presisi dari pada 22/7.



Bila anda butuh atau memerlukan simulasi contoh perhitungan volume silinder, silahkan download file rumus menghitung Volume tabung/silinder dengan microsoft excel.


 


Tips Menghitung Volume Tabung(Silinder)



  • Pada contoh di atas, volume tabung yang dihitung adalah bentuk bangun sederhana, bukan tabung dengan hiasan atau lekukan.

  • Aplikasi penggunaan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak, seperti tabung gas, pipa air, kaleng oli, kaleng susu, dan lain sebagainya.


Comments

  1. Cara menghitungnya kurang jelas . Yg ada Hanya rumus dan hasinya saja

    ReplyDelete

Post a Comment

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang