Skip to main content

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Kepala dan Telurnya - Masalah kutu rambut lebih erat kaitannya dengan masalah kecantikan daripada masalah kesehatan. Rasa gatal yang disebabkan kutu rambut bisa menurunkan derajat “keren" seseorang. Kutu yang termasuk jenis serangga ini memiliki memiliki nama keren Pediculus humanus capitis. Karena kutu tersebut paling sering dijumpai pada rambut kepala manusia terutama anak-anak maka sering juga disebut dengan kutu rambut atau kutu kepala, atau kalau kata orang jawa “the head louse/lice". Kutu rambut memiliki usia hidup sekitar 1 bulan (30 hari). Meskipun demikian, kutu yang panjangnya 2,5-3mm ini memiliki kegemaran menghisap darah manusia melalui kulit kepala. Oleh karena itu, kalau seseorang sering menggaruk-garuk kepalanya bisa dipastikan ada kutu pada rambutnya, atau kalau sering gatal karena grogi berarti istilah saya sih “sindrom kutuan"..:D

Yang jelas menurut saya, sebelum menghilangkan kutu rambut anda harus tahu dahulu :






SIKLUS HIDUP KUTU RAMBUT/KEPALA


Bagi yang punya masalah kutu rambut, saya punya kabar gembira bagi anda. Kutu rambut hanya berumur 30 harian. Jadi mereka akan otomatis hilang dari rambut anda. Tapi karena anda tidak sabar menunggu sampai itu terjadi maka anda ingin menghilangkan kutu secepatnya. Sebelum membahas lebih lanjut cara membasmi kutu rambut saya akan ajak anda untuk mengenal lebih dekat siklus hidup kutu rambut lebih jauh. Bukan tak kenal maka tak sayang, tapi justru sebaliknya, dengan mengenal lebih jauh justru agar semakin mudah untuk memberantas kutu rambut. Kita mulai dengan siklus hidup kutu rambut. Bagaimana kutu kepala hidup pada rambut anda dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



 
Siklus hidup dimulai dari telur kutu. Telur kutu yang menempel pada rambut hanya berukuran sekitar 0,3 – 0,8 mm sehingga sangat sulit untuk dilihat karena tersamarkan sebagai ketombe atau sisa spray untuk rambut. Hanya orang dengan mata yang terlatih saja yang dapat mendeteksi keberadaan telur kutu. Bila anda ingin mencoba mencari telur kutu, mulailah perhatikan setiap pangkal rambut dengan jarak kisaran 6 mm dari kulit kepala.
Setelah telur berumur sekitar satu minggu (kisaran 6 – 9 hari) telur kutu akan menetas dan menghasilkan anak kutu, kalau dalam bahasa prancis sering disebut “kuar". Bentuk Anak kutu ini mirip dengan kutu dewasa, hanya berbeda ukurannya saja. Untuk menjadi dewasa anak kutu perlu waktu sekitar satu minggu dan tiga kali hisapan darah.
Setelah menjadi kutu rambut dewasa, ukuran kutu betina akan relatif lebih besar daripada kutu jantan. Selain itu kutu betina tersebut rata-rata untuk menghasilkan 3-4 telur per hari, bahkan kutu betina ada yang sanggapu sampai 8 telur per hari. Ini berita buruk. Jadi meskipun usia kutu hanya hidup sekitar 30 hari (1 bulan), tapi 3 minggu diantaranya menghasilkan 8 telur per hari.. alias 23x8 = 184 telur! Cukup untuk penuhi rambut kepala dalam waktu satu bulan! Dan parahnya, untuk mempertahankan hidup kutu dewasa itu harus menghisap darah beberapa kali sehari (sekitar 4 – 5 kali sehari). Kebayang kan?! Sebab kalau kutu puasa tanpa “memakan" darah selama satu atau dua hari maka kutu bisa mati.


OBAT PEMBUNUH KUTU RAMBUT


Di zaman sekarang ini semua orang ingin masalah yang timbul bisa di atasi dengan cara yang serba instan, termasuk cara menghilangkan kutu rambut dengan cepat. Apalagi dengan potensi penyebaran kutu rambut yang cepat, upaya penghentian penyebaran kutu sangat perlu dilakukan. Ada berbagai obat kimia dan pestisida ataupun obat modern yang berasal dari ekstrak tumbuhan untuk pembasmi kutu yang secara kimiawi masih berada di ambang batas normal dan masih dapat ditolerir. Berbagai alternatif obat kutu rambut seperti peditox, obat kutu rambut tumbonan, obat kutu aolices, dan lain sebagainya juga banyak dijual online. Harga obat-obatan pembunuh dan pembasmi kutu kepala tersebut bervariasi Rp 50.000 hingga Rp 250.000,- per paket yang terdiri dari 1 sampai 12 botol kemasan.



Bagi anda yang punya kantong cekak, anda bisa mencoba kapur barus atau kapur ajaib. Tapi harus disadari, bahwa kapur barus dan kapur ajaib tidak diperuntukkan secara khusus untuk membinasakan kutu rambut yang ada di kepala anda. Oleh karena itu pertimbangkan juga kemungkinan iritasi kulit kepala dan kerusakan pada akar rambut anda yang bisa muncul sebagai efek samping yang negatif. Satu hal yang harus menjadi pertimbangan anda adalah meskipun racun dan obat modern tadi bisa mematikan kutu rambut tetapi tidak dapat meracuni dan menghancurkan telur kutu.



OBAT PEMBASMI KUTU RAMBUT ALAMI


Banyak orang kembali menggunakan bahan-bahan herbal untuk mengobati penyakitnya, termasuk untuk memberantas kutu rambut. Bahan-bahan obat tradisional yang sering digunakan dalam cara alami menghilangkan kutu rambut adalah Minyak zaitun, minyak kelapa, bawang merah, minyak kayu putih, jeruk nipis, kacang almond, cuka putih.

 

Minyak zaitun


Oleskan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala lalu tutup dengan shower-cap atau plastik. Ulangi terus setiap malam lalu bilas rambut anda pada pagi harinya. Lakukan selama 1 minggu secara rutin. Lapisan minyak akan melapisi dan melindungi kulit kepala sehingga akan menyusahkan para kutu rambut yang akan menghisap darah anda. Kutu yang terkena minyak juga akan menjadi lemas dan bergerak lebih lambat. Meskipun minyak zaitun dipercaya dapaat membunuh telur kutu, harga minyak zaitun pun ikut-ikutan “efektif". Anda bisa membeli minyak zaitun kemasan 250ml dengan harga Rp 55.000 atau mungkin anda mau mencari yang lebih murah, ada yang menjual minyak zaitun kemasan 500ml (0,5 liter) dengan harga Rp 80.000,-.

Tea Tree Oil


Minyak yang bersifat antiseptik ini juga bisa anda gunakan untuk membasmi kutu kepala. Cara pemakaiannya pun mirip dengan pemakaian minyak zaitun. Cuma saja, dari sisi harga minyak Tea tree oil atau minyak esensial rosemary ini jauh di atas harga minyak zaitun. Untuk botol kemasan 10 ml harganya bisa mencapai Rp 89.000,-. Selain itu, bagi anak-anak bisa saja terjadi iritasi ataupun alergi pada tea tree oil.

Minyak Kelapa


Minyak kelapa dapat menggantikan minyak zaitun dan tree tee oil, terutama dari sisi harga. Harga minyak kelapa yang hanya 1/8 harga minyak zaitun atau hanya sekitar Rp 22.000,- per liter justru bisa menjadi pilihan utama untuk anda. Cara memakai minyak kelapa sebagai obat penghilang kutu sama seperti menggunakan minyak zaitun. Oleskan setiap malam lalu bilas rambut anda pada pagi harinya. Cara ini dulangi secara rutin sampai 1 minggu.

Gel Rambut


Fungsi gel rambut sama seperti minyak kelapa dan zaitun. Gunakan gel rambut dalam kadar yang cukup banyak lalu tutup dengan shower-cap dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu bilas rambut hingga bersih.

Cuka


Cuka putih atau sering disebut cuka memiliki sifat asam yang akan meresap dan melunakkan rambut sekaligus merontokkan telur-telur kutu yang menempel. Meskipun demikian, penggunaan zat asam yang berlebihan sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan kulit kepala dan rambut anda.

Kayu putih dan jeruk nipis


Campurkan minyak kayu putih dan perasan jeruk nipis lalu balurkan ke kulit kepala hingga merata. Diamkan selama beberapa jam lalu bilas rambut hingga bersih. Air perasan jeruk nipis akan berfungsi seperti cuka, sebagai zat asam yang akan merontokkan telur-telur kutu yang menempel pada rambut.


CARA ALAMI MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT


Cara yang paling alami dan natural menghilangkan kutu rambut ini dijamin tidak akan menimbulkan efek samping dari pemakaian obat, karena tidak menggunakan obat sama sekali. Berikut ini adalah cara-cara alami membasmi kutu kepala:

Mencari kutu dengan tangan (manual)


Pencarian kutu dengan tangan merupakan upaya yang sudah ada dari zaman dulu. Anda tidak perlu alat sama sekali kecuali ketelitian dan ketekunan. Sisi baiknya, hal ini bisa mendekatkan anda dengan orang-orang terdekat anda. Momen yang tepat untuk bercanda dan bersenda gurau.



 

Jangan terlalu serius saat mencari kutu karena anda bisa stress dan curiga pada orang lain!



Sisir Kutu


Cara alami menghilangkan kutu berikutnya adalah dengan menggunakan sisir kutu atau biasa di bilang sisir serit atau sisir kerep. Dengan sisir tersebut kutu dan telur kutu dan bahkan ketombe sekalipun akan tersaring dan terbawa oleh sisir. Cara terbaik menggunakan sisir kutu adalah disaat anda habis keramas atau sebelum menyisir rambut dibasahi air terlebih dahulu. Lakukan penyisiran secara perlahan dengan menggunakan sisir kutu saat rambut anda masih basah pada seluruh bagian rambut. Lakukan secara rutin selama seminggu pertama dan selang 3-7 hari setelahnya. Ingat siklus hidup kutu yang telah dibahas sebelumnya.



Hair Dryer (Pengering Rambut)


Anda bisa menggunakan hair dryer (pengering rambut) untuk mengeringkan telur kutu dan melemahkan kutu rambut. Bila rambut anda rapuh anda bisa melapisinya dengan minyak kelapa terlebih dahulu. Manfaatkan juga sisir kutu untuk menghilangkan kutu secara maksimal.

Potong / Cukur Rambut


Dengan memotong atau mencukur rambut menjadi pendek, kutu-kutu akan menjadi lebih tidak betah. Karena ketika kepala anda kepanasan terkena sinar matahari maka ini akan membuat kutu merasa tidak nyaman dan mencari jalan keluar. Bila anak anda laki-laki, anda bisa mencukurnya menjadi cepak seperti tentara atau bahkan dibuat menjadi botak saja sekalian. Dijamin kutu tidak ada yang mau tinggal di kepala anak anda. :D


CARA MENCEGAH PENULARAN KUTU RAMBUT


Kita sudah tahu semua. Kutu rambut tidak bisa terbang ataupun lompat-lompat. Jadi, kutu rambut berpindah dengan cara bergerak , berjalan dan memanjat, dari rambut kepala yang satu ke rambut kepala yang lain baik secara langsung maupun tidak langsung. Perpindahan tidak langsung dapat melalui media perantara seperti sisir, bantal, sofa, topi, baju, tempat tidur, dan masih banyak media lainnya.Oleh karena itu, hindari penggunaan bersama barang-barang yang bisa menjadi media penularan kutu rambut dan lakukan pembersihan secara rutin. Cuci hingga bersih atau bila perlu gunakan vakum pembersih (vacuum cleaner) maupun hair dryer untuk membersihkan dan mengeringkan sofa, topi, bantal dan perlengkapan lainnya. Cara lainnya yang dapat digunakan adalah merendam sisir dalam air mendidih selama 5-10 menit atau masukkan dalam kulkas dengan suhu temperatur di bawah 0 derajat celcius selama 24 jam. Cara termudah untuk mematikan kutu yang ada di barang-barang tersebut adalah tidak menggunakannya selama dua harian. Kenapa? Benar, kutu akan mati dalam dua hari bila tidak menghisap darah manusia.


 


Tips Menghilangkan Kutu Rambut



  • Untuk menghilangkan kutu rambut perlu upaya bersama, khususnya dalam satu keluarga. Bila salah satu anggota keluarga tertular kutu rambut, bisa jadi anggota lainnya juga ikut tertular. Oleh karena itu ada baiknya melakukan penyisiran dengan rambut basah untuk semua anggota keluarga secara rutin misalnya seminggu sekali.

  • Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lakukan pencegahan sedini mungkin agar anda tidak perlu melakukan pengobatan yang memboroskan waktu, tenaga dan biaya anda. Misalnya bila anak anda ikut tidur ditempat teman/kerabat anda maka sertakan juga bantal, guling dan selimut yang bersih.

  • Sebelum menggunakan obat-obatan pembasmi kutu rambut, anda harus tahu terlebih dahulu kontraindikasi obat tersebut dan apakah anda atau keluarga anda memiliki alergi terhadap obat tersebut. Jangan cepat termakan iklan obat kutu murah dan apalagi obat kutu ampuh .


Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang