Skip to main content

11 Cara Menghemat Bandwith Internet

Sekarang ini kecepatan internet meningkat secara drastis. Dengan tersedianya akses internet super cepat beragam hal pun bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat serta tentu saja menghabiskan volume kuota data dalam singkat. Menghemat bandwidth penting bagi pengguna internet yang hanya memiliki kuota data terbatasataupun bagi mereka yang menginginkan akses informasi yang cepat dengan menggunakan internet yang "lola" abis. Berikut ini tips dan cara menghemat bandwith internet untuk memaksimalkan penggunaan kuota gratis (yang kecil) sekaligus untuk meningkatkan kecepatan akses internet :






 

1. Pastikan komputer bebas virus/malware


Malware atau badware merupakan aplikasi “jahat” yang mengintai (spy) komputer anda. Mereka akan mencoba untuk mengirim data ke “markas” mereka selagi anda sedang online. Hal ini tentu saja akan memakan bandwith dan kuota internet anda tanpa anda sadari. Oleh karena itu bersihkan dari virus dan program jahat lainnya dengan menggunakan antivirus secara berkala.



 

2. Matikan fitur Auto-aupdate


Saat anda sedang online biasanya ada banyak aplikasi yang ikut-ikutan online otomatis. Mereka ini biasanya mengecek apakah ada file update-an versi terbaru atau tidak, download plungins/file pendukung, dan lain sebagainya. Seperti virus atau malware, mereka juga akan menyedot bandwith dan kuota internet anda. Jadi sebaiknya anda matikan juga automatic update (pembaharuan otomatis) dari aplikasi-aplikasi yang ada di komputer anda termasuk juga untuk windows update.



 

3. Ganti User Agent Browser menjadi Mobile


Saat anda mengakses sebuah situs/protal di internet, biasanya Website akan bertanya pada “user agent” web browser anda dan akan meminta data serta mengecek mengenai browser yang anda gunakan. Untuk menghemat data ganti user agent anda menjadi versi mobile seperti pada smartphone atau iphone. Dengan menggunakan metode ini maka banyak data dan iklan yang tidak perlu akan “dipangkas” dari data yang dikirim ke browser anda. Ini akan menghemat bandwith dan kuota internet anda.

Untuk mengganti user agent pada browser, install saja add-on atau ekstensi User Agent pada Mozilla Firefox atau google chrome milik anda.



 

4. Menonaktifkan Tampilan Gambar


Matikan tampilan gambar di web browser anda. Gambar memang memperindah website akan tetapi jika website yang anda kunjungi menampilkan banyak sekali gambar yang tidak anda butuhkan (kebanyakan hanya untuk iklan) maka otomatis akan menghabiskan bandwidth dan memperlama waktu yang dibutuhkan untul load gambar. Beda lagi kalo situs yang anda buka seperti facebook. Biarkan saja fitur gambar diaktifkan. Agar mudah, gunakan Add-ons yang ada di mozilla firefox atau ekstensi google chrome yang ditujukan untuk mengatur penampillan gambar.



 

5. Matikan Iklan


Hilangkan tampilan iklan. Hampir semua website yang kita kunjungi pasti menggunakan iklan. Kalau anda memang bandwidth anda sudah sangat kritis lemot/lola abis maka sebaiknya matikan saja iklan. Seperti mematikan gambar. Gunakan saja add-ons firefox atau eksetensi google chrome yang memang ditujukan untuk menghilangkan / mencegah iklan tampil di web browser. Bila perlu, blok saja akses ke situs iklan tertentu yang memang sudah anda ketahui hanya untuk iklan yang tidak berguna.



 

6. Matikan Load Sound


Jarang website yang tiba-tiba menampilkan load sound (music/suara) otomatis. Meskipun dekimian, matikan saja fungsi load sound ini. Caranya sama dengan dua cara di atas: gunakan add-ons atau ekstensi.



 

7. Gunakan Satu Browser Saja


Saat anda menggunakan browser biasanya mereka akan menyimpan sebagai “cache” dari website yang telah anda kunjungi. Jadi bila anda berkunjung kembali ke website tersebut (berpindah-pindah tapi masih dalam website yang sama) maka browser mengecek apakah file yang ada masih up-to-date atau tidak. Jika masih “kepakai” maka mereka akan menggunakan file terebut dan tidak download dari internet. Dengan demikian proses browsing akan menjadi lebih cepat. Bila anda menggunakan browser yang berbeda maka masing-masing browser akan menyimpan cache nya masing-masing.



 

8. Gunakan Program Kompresi Internet


Gunakan tool kompresi online di internet. Saat anda mengakses sebuah situs anda maka browser akan mengambil dari data yang sudah dikompresi(dikecilkan) sehingga tentu saja akan menghemat bandwidth. Silahkan saja dilihat di http://www.toonel.net/



 

9. Gunakan Webmail dengan AJAX


Gunakan webmail yang mendukung penggunaan AJAX. Memang saat awal membuka akan terasa sedikit lambat, tapi setelah webmail dibuka maka aktivitas anda selanjutnya akan lebih hemat bandwith dan kuota internet.



 

10. Gunakan Proxy


Saat anda menggunakan server proxy biasanya akan tersedia cache pada server tersebut. Jadi jika ada rekan kerja anda yang telah mengakses sebuah situs maka cache tersebut bisa dipergunakan oleh rekan-rekan lain termasuk anda dan tidak perlu download dahulu dari internet.



 

11. Download Manual Master atau file Update-tan


Download secara manual file-file aplikasi yang ditujukan untuk pembaharuan ataupun master instalasi program. Jadi jika anda atau teman/rekan kerja membutuhkan lagi tinggal dipakai langsung dan tidak perlu download ulang.



 


Tips Cara Menghemat Bandwith Internet


Add-ons atau ekstensi memang banyak gunanya dalam menghemat bandwith tetapi jangan lupa ada add-ons/ekstensi yang justru menghabiskan bandwith. Oleh karena itu gunakanlah add-ons / ekstensi dengan selektif dan mendukung penghematan bandwith.

Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang