Skip to main content

Cara Mengatasi Masalah USB Flashdisk Tidak Dikenal(Not recognized)

Saat mencolok USB Flashdisk pada komputer atau laptop biasanya akan muncul notifikasi ada perangkat baru yang terdeteksi oleh Windows. Akan tetapi lain halnya bila yang muncul justru adalah notifikasi bahwa USB tidak dikenal alias USB Not Recognized. Bila pesan tersebut yang muncul justru kita menjadi bertanya-tanya, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Kok USB flash disk kita tidak terdeteksi padahal pada sebelumnya kita gunakan flashdisk tersebut tidak ada masalah. Pikiran akan kehilangan data pun mulai muncul. Apalagi kalau pada flashdisk tersebut berisi data tugas kantor atau parahnya skripsi/tesis kita yang sudah hampir beres.. :(






Jangan panik. Untuk mendapatkan kembali data dari flashdisk error tersebut ada beberapa cara atau langkah mudah untuk mengatasi masalah flashdisk yang tidak dikenal alias tidak terbaca oleh windows, yang dapat dilakukan sebelum kita mencobanya ke tempat orang profesional. Langkah-langkah tersebut dapat anda lihat berikut ini:

1. Pastikan secara fisik Flashdisk masih bagus


Lihat dan amati secara fisik bahwa flashdisk yang anda gunakan masih bagus, konektor tidak ada yang bengkok atau apalagi patah. Bila flashdisk basah karena terendam/tersiram air jangan dicolok atau disambungkan dahulu ke komputer/laptop. Pastikan terlebih dahulu flashdisk telah benar-benar kering termasuk hingga ke bagian dalam. Anda bisa menggunakan bantuan peniup angin/hair dryer untuk mengeringkan flashdisk.

2. Coba pada beberapa colokan komputer


Seperti halnya flashdisk, pastikan juga colokan di laptop/komputer secara fisik masih bagus. Jika flashdisk masih belum terdeteksi juga coba pada beberapa colokan USB lain yang tersedia di komputer/laptop. Kadang ada pin connecor yang sudah longgar sehingga kurang pas pada flashdisk. Atau mungkin, anda mencolokkannya pada USB hub yang kurang bagus daya/voltase listriknya. Kalau demikian, cobalah langsung mencolokkan flashdisk pada connector yang tersedia di laptop/komputer.

3. Restart Komputer


Kemungkinan flashdisk tidak terdeteksi karena terjadi konflik secara software atau juga bisa disebabkan karena ada muatan listrik (statis) yang ada di komputer. Coba matikan komputer/laptop terlebih dahulu lalu cabut semua sambungan listrik dan batere untuk beberapa saat. Setelah itu pasang kembali batere dan sambungan kabel listrik lapotp/komputer, nyalakan, dan colokkan pada socket usb .

4. Atur device manager / update driver


Bila problem usb tidak terdeteksi masih berlanjut, teruskan dengan upaya mengatur device manager.

  1. Buka dialog device manager dengan cara :

    • klik tombol Start lalu klik Control Panel. Selanjutnya klik Hardware and sound lalu pilih Device Manager, atau

    • klik tombol start lalu ketik Device Manager, lalu dari hasil pencarian pilih Device Manager







  2. Pada dialog device manager biasanya akan ada item dengan tanda seru kuning. Klik item tersebut lalu hapus dengan menekan tombol keyboard Delete. Lalu lakukan kembali klik tombol / menu Scan for Hardware changes. Biarkan windows yang menemukan perangkat USB dan otomatis menginstall driver.

  3. Bila masih gagal, lakukan Update driver secara manual atau anda bisa meminta windows untuk mencarinya secara otomatis. Caranya klik kanan lalu pilih Update driver software lalu ikuti petunjuk yang diberikan.






5. Uninstall driver


Bila usb flashdisk bisa terdeteksi pada komputer lain sedangkan pada laptop/komputer kita tidak bisa terdeteksi maka hal ini patut kita waspadai. Bila sebelumnya USB flashdisk tidak ada masalah dan dapat terdeteksi di komputer kita maka hal ini berarti kemungkinan adanya konflik driver. Mungkin anda telah melakukan instalasi software atau driver untuk perangkat tertentu. Anda dapat mencoba uninstall driver dengan cara menggunakan system restore yang disediakan windows bila memungkinkan.



 


Tips Mengatasi Masalah USB Flashdisk Tidak dikenal (Not recognized)



  • Kata pepatah: Mencegah lebih baik daripada mengobati. Merawat flashdisk tentu lebih mudah daripada memperbaiki flashdisk. Kerusakan pada flashdisk bisa juga disebabkan karena anda menyolokan flashdisk pada socket USB komputer yang mengandung muatan listrik berlebih (korslet)

  • Jika flashdisk tetap tidak bisa terdeteksi, cobalah hubungi para tekhnisi profesional untuk menyelamatkan data anda. Tetapi bila data yang ada tidak terlalu penting dan masih tersedia backup yang lainnya pikirkanlah untuk mengganti USB flashdisk saja.


Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang