Skip to main content

Cara Memilih Paket Internet Terbaik

Penyedia jasa internet berlomba-lomba menawarkan berbagai paket internetan mulai dari internet cepat hingga internet hemat dengan kemasan yang beragam seperti paket internet kenceng, paket internet hemat (pahe), paket begadang, dan lain sebagainya. Memilih paket internet sebenarnya berkaitan juga dengan cara memilih modem yang cocok untuk kita gunakan. Karena dengan membeli modem otomatis kita membatasi paket yang bisa kita gunakan. Bila modem yang dibeli adalah modem CDMA, otomatis paket yang bisa anda pilh hanya yang dari penyedia jasa (provider) internet CDMA saja. Demikian juga bila modem GSM, otomatis paket yang digunakan hanya yang dari provider GSM saja. Terlepas dari modem yang anda miliki apakah modem GSM/CDMA, saya mememiliki tata cara memilih paket internet yang mungkin juga cocok dan sesuai untuk anda pakai.



 Gambar: berbagai provider penyedia jasa internet di Indonesia






1. Sinyal

Sinyal mutlak harus menjadi prioritas utama. Teman di kampus atau rekan kantor anda mungkin akan berkata bahwa provider “T” adalah paling bagus, tetapi hal itu belum tentu bagi anda. Sebab mungkin saja provider “A” justru yang lebih tepat untuk anda karena ditempat anda memang sinyal “T” sangat buruk. Intinya, daerah tempat anda biasa menggunakan koneksi internet harus menjadi bahan pertimbangan karena kekuatan sinyal dari tiap provider bisa jadi berbeda-beda untuk area anda.



2. Harga

Harga sudah pasti menjadi bahan pertimbangan dalam memilih paket internet. Untuk kecepatan akses yang sama dan kuota yang setara tentu kebanyakan orang akan memilih harga yang lebih murah.



3. Kuota paket

Anda harus tahu untuk apa anda koneksi ke internet, berapa lama, dan seberapa besar kuota yang dibutuhkan. Bila anda hanya sekedar browsing, chatting, atau fb-an maka tentunya kuota yang dibutuhkan tidak terlalu besar tetapi lebih condong untuk memiliki kecepatan akses yang cepat stabil. Bila anda pelanggan setia telkomsel, saya menyarankan anda juga melihat rekomendasi paket internet flash dari telkomsel yang cocok untuk anda.



4. Waktu Akses Paket

Beberapa provider menawarkan paket begadang alias ngalong dengan kuota yang lebih banyak. Bila anda tidak kuat begadang tentu paket ini kurang tepat bagi anda. Anda harus membaca dan mengetahui dengan baik dan teliti setiap paket internet yang menjadi nominasi. Tidak jarang provider menawarkan paket tetapi dengan ketentuan dan syarat khusus terutama yang berkaitan dengan kapan paket dapat di akses.



5. Persyaratan paket

Paket internet yang ditawarkan disertai dengan iming-iming bonus. Pastikan bahwa bonus belum kadaluarsa jika anda membeli paket tersebut. Selain itu, anda juga harus tahu kapan dan bagaimana bonus yang diberikan bisa diperoleh. Misalnya bonus didapat setelah pengisian ulang kedua, paket hanya ditawarkan bersama dengan modem (bundling), dsb.



6. Fleksibilitas paket

Provider jasa internet biasanya memiliki fasilitas autorenewal alias otomatis melakukan perpanjangan paket internet. Bila anda masih ragu paket mana yang cocok untuk anda, sebaiknya fasilitas autorenewal untuk berlangganan jangan digunakan terlebih dahulu. Gunakan autorenewal bila paket internet dirasa telah cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda baik dari sisi harga, kuota, waktu akses, dsb.



7. Testing internet

Jika anda hanya ingin mencoba kecepatan internet dari sebuah provider maka sebaiknya coba pinjam modem/simcard teman anda yang menggunakan provider tersebut. Bila tidak bisa, beli saja paket yang paling murah atau kelas bawah tetapi dengan kemampuan kecepatan internet yang maksimal.

Terkadang provider juga menyediakan paket internet promo. Anda dituntut untuk berpikir-pikir tidak terlalu lama karena biasanya promo berbatas dengan waktu. Promo ini sangat cocok bila anda ingin menguji kecepatan dan kehandalan layanan internet





 

Tips Cara Memilih Paket Internet Terbaik

Memilih paket internet mirip dengan memilih modem. Bedanya, kalau kita salah memilih modem biasanya kita menyesal atau setidaknya koneksi internet kita lemot. Tapi bila kita salah memilihpaket internet paling-paling kita hanyarugi selama paket berlangsung karena kita bisa mengganti dengan paket internet lain yang cocok dengan kebutuhan kita.

Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang