Skip to main content

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word 2007: Tutorial Lengkap!

Microsoft word sebagai aplikasi pembuatan dokumen sangat mendukung pembuatan tabel. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai cara untuk membuat, mengedit ataupun mengatur tabel agar sesuai dengan keinginan kita. Fasilitas yang diberikan mendukung sepenuhnya pembuatan tabel baik dari segi unsur pembuatan tabel yang mudah, cepat maupun pembuatan tabel secara visual menggunakan draw table. Selanjutnya semua cara yang biasa digunakan untuk membuat tabel di microsoft word akan dibahas satu-persatu berikut ini dan semoga dapat menjadi panduan membuat tabel bagi anda. Anda bisa membaca satu persatu cara tersebut atau langsung menuju cara yang diinginkan dengan langsung klik tautan di bawah ini.



  1. Cara Paling Mudah Membuat Tabel di Microsoft Word

  2. Cara Cepat Membuat Tabel Berukuran Besar

  3. Cara Membuat Tabel dengan Draw Table (secara visual)

  4. Membuat Tabel dari Menyisipkan Sheet Excel

  5. Cara Cepat membuat Tabel dengan Quick Table







1. Cara Paling Mudah Membuat Tabel di Microsoft Word

Cara Ini efektif untuk membuat tabel berukuran kecil atau sedang dimana pada saat awal pembuatan banyaknya kolom maksimal yang dapat dibuat adalah 10 kolom dengan menggunakan paling banyak 8 buah baris. Bila merasa kekurangan atau kelebihan, setelah tabel dibuat anda dapat menambah atau mengurangi baris sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk membuat tabel tersebut gunakan langkah-langkah berikut :



  1. Misalkan kita ingin membuat tabel di dalam dokumen, dengan ukuran yang dikehendaki adalah 4 kolom dan 7 baris, atau sering dibilang tabel 4x7.

  2. Pertama-tama pindahkan kursor teks ke lokasi tabel akan dibuat.

  3. Lalu klik ribbon Insert lalu klik tombol Table

  4. Anda akan melihat banyak kotak-kotak kecil, kotak tersebut adalah sel yang digunakan sebagai panduan untuk membuat ukuran tabel dalam banyaknya kolom ataupun baris.

  5. Gerakkan kursor mouse ke kotak-kotak kecil tersebut. Di atas kotak-kotak tersebut anda akan melihat ukuran tabel berubah-ubah sesuai dengan posisi mouse. Perhatikan pula bingkai kotak akan berubah warna menjadi orange yang menandakan ukuran tabel yang akan anda buat.

  6. Untuk membuat tabel 4 kolom dan 7 baris lakukan pilih 4 kotak dari kiri dan 7 kotak dari atas lalu klik kotak tersebut.

  7. Microsoft word akan menyisipkan tabel dengan ukuran 4 kolom x 7 baris dalam dokumen anda.

  8. Selanjutnya anda tinggal mengatur lebar baris dan kolom sesuai dengan keinginan atau kebutuhan



 Gambar: Cara mudah membuat tabel di microsoft word




Untuk cara-cara berikutnya yang digunakan merupakan pembahasan dari menu pembuatan tabel yang ada pada gambar di atas.





2. Cara Cepat Membuat Tabel Berukuran Besar

Keterbatasan cara pertama di atas adalah pada ukuran kolom dan baris maksimum yang hanya mencapai 10 kolom dan 8 baris. Meskipun setelah tabel kita buat sebenarnya kita masih bisa menambah baris dan kolom, tetapi hal tersebut tentunya akan cukup memakan waktu terutama jika kolom dan terutama baris yang harus dibuat berukuran besar atau sangat banyak. Untuk dapat langsung mendapatkan tabel dengan ukuran baris atau kolom yang banyak kita bisa memanfaatkan dialog Insert Table seperti tutorial contoh pembuatan tabel di microsoft word berikut ini :



  1. Misalkan tabel yang akan dibuat berupa tabel dengan 12 kolom dan 34 baris.

  2. Klik pada lokasi tabel akan ditempatkan

  3. Menu yang digunakan masih berhubungan dengan cara membuat tabel sebelumnya. Lakukan terlebih dahulu klik pada tab ribbon Insert

  4. Lalu klik tombol Table

  5. Kemudian pada menu yang muncul lihat pada bagian bawah, pilih Insert table

  6.  Gambar: Cara cepat membuat tabel berukuran besar (baris dan kolom banyak) di microsoft word
  7. Selanjutnya akan muncul dialog Insert table, isi kotak Number of Columns dengan 12 atau sesuai jumlah kolom, serta isikan pula kotak Number of Rows dengan nilai 34 atau sesuai dengan jumlah baris.

  8. Klik tombol OK

  9. Microsoft Word akan menambahkan sebuah tabel dengan ukuran jumlah kolom sebanyak 12 dan baris sebanyak 34.

  10. Seperti pembuatan dengan cara pertama, setelah tabel disisipkan anda juga tinggal mengatur lebar kolom dan tinggi baris tabel.





3. Cara Membuat Tabel dengan Draw Table (secara visual)

Cara ini 100 persen berbeda dengan kedua cara sebelumnya. Anda akan langsung membuat sekaligus mengatur tabel baik mengatur lebar kolom maupun tinggi barisnya. Untuk lebih jelasnya lihat tutorial pembuatan tabel di microsoft word berikut ini.

  1. Seperti kedua cara sebelumnya, untuk memulai draw table anda harus klik terlebih dahulu ribbon Insert lalu klik tombol Table, kemudian pada menu yang tampil pilih item Draw Table, atau tombol tekan ALT+N lalu ketik TD

  2.  Gambar: Cara membuat tabel dengan draw tabel / erase di microsoft word 2007
  3. Selanjutnya kursor akan berubah menjadi pensil lalu buat kotak di area yang akan anda buat menjadi tabel. Caranya klik pada bagian kiri atas lalu tahan, sambil menekan tombol mouse gerakkan kursor mouse ke kanan bawah kemudian lepaskan tombol mouse. Pada tahap ini anda telah membuat tabel dengan 1 buah sel.

  4.  Gambar: Cara membuat tabel awal dengan draw table di microsoft word
  5. Tahapan selanjutnya adalah anda membuat kolom dan baris pada sel tersebut.

  6. Untuk membuat kolom tabel arahkan kursor yang berbentuk pensil tadi ke bingkai / border horizontal bagian atas, lalu klik dan tahan tombol mouse, gerakkan ke bawah menuju bingkai/border bagian bawah lalu lepaskan tombol mouse. Anda telah menambahkan sebuah kolom baru. Anda juga bisa melakukan dengan arah sebaliknya, dari bawah ke atas. Lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga semua kolom yang dibutuhkan tersedia.

  7.  Gambar: Cara membuat / menambah kolom dengan draw table di microsoft word
  8. Untuk membuat baris anda bisa lakukan hal yang mirip dengan pembuatan kolom. Arahkan kursor ke bingkai vertikal bagian kiri, lalu klik dan tahan tombol mouse, geser kursor mouse ke arah kanan lalu lepaskan.

  9.  Gambar: Cara membuat / menambah baris tabel menggunakan draw table di microsoft word
  10. Lakukan berulang-ulang, sehingga anda bisa membentuk sebuah tabel lengkap dengan baris dan kolomnya.

  11. Jangan lupa Isi judul header tabel



 Gambar: contoh pembuatan tabel menggunakan draw table di microsoft word


Tips :

Bila anda salah membuat garis tekan saja tombol keyboard CTRL+Z untuk Undo atau membatalkan perintah terakhir, atau anda bisa menggunakan tombol Eraser yang ada di Tab Ribbon Design pada Table Tools. Cara menggunakan tombol eraser sama seperti menggunakan tombol Draw Table. Anda tinggal pilih garis / border tabel yang akan dihapus lalu klik dan drag kursor mouse.



 Gambar: Cara mengakses tombol eraser untuk menghapus border tabel di microsoft word




4. Membuat Tabel dengan Menyisipkan Sheet Excel

Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet buatan microsoft yang memiliki banyak kelebihan. Anda bisa membuat tabel sekaligus memanfaatkan kelebihan microsoft excel tersebut baik rumus, fungsi, grafik dan lain sebagainya. Untuk menyisipkan sheet excel ke dalam dokumen microsoft word gunakan langkah berikut :



  1. Pilih dan klik untuk lokasi penempatan tabel

  2. Seperti biasa, klik dahulu tab ribbon Insert lalu klik tombol Table

  3. Kemudian pada menu yang muncul pilih Excel Spreadsheet

  4.  Gambar: Cara menyisipkan sheet excel untuk menjadi tabel di microsoft word
  5. Selanjutnya anda akan melihat sebuat kotak object worksheet microsoft excel disisipkan dalam dokumen anda.

  6. Atur lebar dan tinggi tampilan object tersebut.

  7. Berikan border seperti halnya anda membuat border di microsoft excel agar menjadi tabel sesuai keinginan anda.

  8. Seperti halnya anda bekerja di microsoft excel, anda bisa menggunakan berbagai rumus microsoft excel pada sheet tersebut. Hal ini kelebihan yang tidak dimiliki tabel-tabel lain yang dibuat di microsoft word.

  9. Setelah selesai memberi border atau bekerja dengan sheet tersebut klik di luar area object excel tersebut untuk kembali ke pengeditan microsoft word.

  10. Klik dua kali (double click) tabel tersebut bila anda ingin kembali mengedit nya.



Tips:



Bila anda ingin gridlines pada sheet excel tersebut tidak ikut dicetak/ditampilkan, maka sembunyikan melalui tab menu View lalu hilangkan tanda chek pada gridlines. Untuk lebih jelasnya lihat cara menyembunyikan atau menghilangkan garis gridlines microsoft excel 2007.



 Gambar: Cara memberi border untuk tabel dari sheet excel di microsoft word




5. Cara Cepat membuat Tabel dengan Quick Table

Fasilitas pembuatan dengan quick tabel akan menyisipkan tabel dengan cepat dan bahkan disertai dengan contoh pengisian. Tabel yang dibuat telah memiliki ukuran dan bahkan format tertentu. Oleh karena itu, pembuatan quick table ini seakan-akan kita telah memiliki suatu bentuk tabel yang telah menjadi standar atau acuan yang kita pakai. Berikut contoh penerapan untuk menambahkan sebuah tabel dengan menggunakan Quick table.



  1. Jangan lupa, pilih lokasi tabel terlebih dahulu

  2. lalu seperti pembuatan tabel yang lainnya, klik dahulu ribbon Insert lalu klik tombol Table

  3. Kemudian pada menu yang muncul pilih Quick Table

  4. Selanjutnya akan muncul sub menu yang berisikan jenis dan format tabel. Pilih salah satu jenis tabel yang ada. Jangan ragu, karena anda nantinya masih bisa menambah atau mengatur baris dan kolom pada tabel tersebut. misalkan pilih bentuk tabel With Subheads 2

  5. Tabel yang dipilih akan ditambahkan atau disisipkan pada dokumen anda. Atur tabel tersebut atau hapus isinya untuk digantikan dengan data milik anda.



 Gambar: Cara membuat tabel dengan menggunakan quick table di microsoft word




 

Tips Panduan Lengkap Membuat Tabel di Microsoft Word 2007

  • Bila tabel anda memerlukan rumus yang banyak dan sering harus di update, maka gunakanlah tabel dari sheet microsoft excel tapi bila tabel anda hanya berisi data ketikan biasa gunakanlah tabel microsoft word.

  • Untuk mengatur bingkai / border sel dari kolom/baris dengan cepat anda bisa memanfaatkan draw table atau erase yang ada pada tab Design.

  • Lihat juga artikel lain yang berhubungan dengan manipulasi tabel di microsoft word seperti menambah dan menghapus baris, membuat dan menghilangkan warna border, dan lain sebagainya.

Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang