Tanda-Tanda diet Melewati Batas

 
Oleh
Tanda-tanda diet terlalu ekstrem. Diet dilakukan untuk menurunkan berat badan. Selain orang tua atau yang sakit-sakitan, banyak wanita yang ingin memiliki berat badan ideal agar terlihat menarik, apalagi bagi yang masih mencari pasangan. Hal ini sah dan masih merupakan hal yang wajar selama masih mengikuti pola yang sehat. Tapi bila penerapan diet sudah menjurus ke ekstrim maka bukannya menyehatkan badan tetapi justru akan memberikan resiko buruk terhadap kesehatan anda. Berikut ini ciri-ciri atau tanda-tanda Diet yang sudah melewati batas :
 

1. Energi Menurun Drastis

Hal ini menandakan asupan kalori terlalu rendah sehingga tidak punya cukup bahan bakar untuk aktivitas sehari-hari. Secara umum kebanyakan wanita membutuhkan sekitar 1.200 hingga 1.400 kalori per hari untuk mempertahankan fungsi metabolisme tubuh yang sehat.
 

2. Terlalu Memikirkan Apa yang Dimakan

Jika anda sudah terlalu fokus menghitung asupan kalori dan terus menerus memikirkan apa menu makanan yang sudah dan akan dimakan maka anda sudah terobsesi secara tidak sehat. Diet seharusnya merupakan perubahan gaya hidup yang membuat anda menjadi lebih waspada terhadap asupan kalori, tetapi bukan berarti anda harus berperilaku obsesif.
 

3. Memangkas Satu Jenis Asupan Tertentu

Berhenti menkonsumsi karbohidrat atau jenis asupan makanan lain mungkin akan cepat membantu menurunkan angka timbangan. Masalahnya, kebiasaan ini membuat anda kehilangan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti misalnya karbohidrat kompleks untuk energi atau vitamin B yang berfungsi menjaga suasana hati anda stabil.
 

4. Tidak Bisa Tidur

Selain rasa lapar berlebihan membuat anda tidak bisa tidur nyenyak dan terus terbangun, diet yang terlalu ekstrem juga membuat anda tidak cukup nutrisi untuk membantu memiliki tidur malam yang baik.
 

5. Menjauh dari kehidupan sosial

Rencana penurunan berat badan yang sehat adalah ketika anda tetap bisa beradaptasi dengan kehidupan sosial, termasuk saat sedang di rumah, makan di restoran dengan teman-teman, atau menuju sebuah pesta. Menghindari acara yang melibatkan aktivitas makan adalah tanda diet anda terlalu ketat dan perlu ditata kembali.
 

6. Suasana Hati Cepat Berubah

Membatasi kalori terlalu banyak membuat kekacauan pada struktur kimia Otak. Pada akhirnya dapat membuat perasaan anda cepat berubah mulai dari depresi, cemas, dan tegang. Bahkan tidak mungkin jika terus dipaksakan kondisi ini akan membuat anda melampiaskan emosi pada makanan dan berat badan pun akhirnya kembali naik.
 
 
  (Sumber: tribun)